Monday, March 11, 2013

Sejarah Terciptanya Komputer

saking
Sejarah Komputer

Komputer  yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dulu kala berupa alat mekanik mauun elektronik. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari jaman dahulu sampai sekarang dapat kita golongkan menjadi 4 golongan besar, :
Peralatan Manual

yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan yang terpenting dalam penggunaan alat adalah menggunakan tenaga manusia.
Peralatan Mekanik

yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secaramanual.
Peralatan Mekanik Elektronik

yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
Peralatan Elektronik

yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.


Generasi Komputer

Komputer Generasi I ( 1946 )
Meskipun sebelumnya sudah bermunculan berbagai jenis komputer, seperti komputer analog pada tahun 1931 oleh Dr. Vanner Bush , lalu komputer digital elektronik yang pertama oleh V Atanasof yang diselesaikannya pada tahun 1942, komputer-komputer tersebut merupakan
pendorong lahirnya komputer generasi pertama.

Tahun 1946 merupakan generasi pertama dari komputer, dimulai dengan dibuatnya ENIAC (electronic Numerical intregator And Calculator). Komputer pada jaman ini mempunyai ribuan tabung hampa untuk satu komputernya, ukuran fisik yang cukup besar, dan membutuhkan tempat yang cukup luas. Umumnya komputer ini digunakan untuk menghitung ketepatan tembakan. Komputer pada jaman ini masih lambat prosesnya, dam memakan listrik yang cukup tinggi, serta daya simpannya masih sedikit.

Komputer Generasi II ( 1959-1964 )
Menggunkan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
Sudah menggunakn operasi bahasa pemrogaman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
Orientasi program tidak hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
Komputer Generasi III (1964-1970 )
Pada generasi ketiga inilah teknologi intregaed circuit(IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc(MST).
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah mencapai jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan tlah didesain prosesor dangan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.
Komputer Generasi IV ( 1970-1980-an )
Kompiter generasi keempat merupakan lanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi lebih kompleks dan terintegrasi.
Selanjutnya dikembangkannya komputer  mikro yang mikroprosesor dan semikonduktor yang berbebtuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Komputer Generasi IV ( 1980-an-Sekarang )
Telah digunakan pengembangan Josephson Junction, teknologi yang menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.
Bersifat “Artificial Intelligence”, yaitu komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan kompputer serta adanyan penghematan energi komputer. Selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
Komputer Generasi VI ( Masa depan )


Tentunya akan lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan di antaranya melihat, mendengar, bebicara dan berpikir serta dapat membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.


0 comments:

Post a Comment