Preview
Di bawah adalah hasil akhir tutorial ini.Detail Tutorial
- Tingkat Kesulitan: Pemula, Menengah, Mahir
- Software yang Digunakan: Adobe Photoshop (Semua Versi)
- Teknik yang Dipelajari: Layer Mask, Brush Custom, Seleksi dengan Channel Alpha, Modifikasi Vector Shape
- Lama Pengerjaan: 1,5 jam
Resource yang Dibutuhkan
Untuk mengikuti tutorial ini, silakan ambil terlebih dahulu resource berikut:- Hot air balloon dari Shutterstock
- Shot of blue paint splash dari Shutterstock
- Hot Air Balloons in sky dari Shutterstock
- Real jet aircraft dari Shutterstock
- Casual young man dari Shutterstock
- Brush Debu dari WeGraphics
- Brush Debris dari Zigabooooo
- Brush Sacred Geometry dari Sdwhaven
- Brush Geometry dari Annette29
- Brush Awan dari Javierzhx
Tutorial
Langkah 1: Mempersiapkan File
Buat file baru dengan ukuran web, 1024 × 768 px.Langkah 2
Isi latar dengan warna biru muda.Langkah 3: Mengatur Latar Gambar
Buat layer baru, buat seleksi berbentuk semacam segitiga dengan tool Lasso. Tidak perlu terlalu bagus. Isi seleksi dengan putih.Langkah 4
Hilangkan seleksi, Ctrl + D. Jalankah Filter > Blur > Gaussian Blur. Gunakan nilai radius cukup besar hingga hasilnya cukup lembut.Langkah 5
Tekan Ctrl + T untuk melakukan transformasi. Klik kanan dan pilih Warp. Geser kotak warp hingga bentuk kilauan ini menggelembung di bagian atas. Tekan Enter untuk menerima hasilnya.Langkah 6
Buat lagi kilauan putih di tempat yang ditandai. Kita akan meletakkan model di sana.Langkah 7
Buat seleksi ellipse di bagian bawah latar. Isi dengan putih. Haluskan dengan memberinya filter Gaussian Blur. Turunkan Opacity layer.Langkah 8: Memindahkan Model
Kita akan menggunakan foto seorang model lak-laki yang berdiri di depan latar putih. Anda bisa saja mengatakan ini sangat mudah. Tinggal memilihnya menggunakan tool Magic Wand. Well, salah! Magic Wand tidak pernah memberi hasil yang memuaskan. Saya akan tunjukkan cara yang lebih canggih dan lebih baik, yaitu Channel Alpha.Buka panel Channel dan amati satu per satu channel yang tersedia. Mana yang memiliki kontras antara model dan latarnya paling besar?
Langkah 9
Dalam kasus ini, pemenangnya adalah channel Blue. Klik dan geser channel blue ke atas ikon New untuk menduplikasinya.Langkah 10
Klik Image > Adjustments > Levels lalu geser slider hingga kontras gambar bertambah.Langkah 11
Lukis hitam menggunakan tool Brush pada bagian-bagian yang diperlukan.Langkah 12
Seperti inilah yang kita inginkan. Model hitam sementara latanya tetap putih.Langkah 13
Jika Anda perhatikan lebih teliti, bisa jadi akan ada bagian yang hilang. Dalam kasus ini, sisi kanan kacamata hilang. Ini karena bagian tersebut aslinya terang, terkena pantulan cahaya. Perintah Levels membuat semakin terang.Langkah 14
Kita perlu memperbaikinya secara manual. Klik ikon mata depan Channel RGB untuk menampilkan Channel Alpha dalam mode Quick Mas. Bagian hitam akan berubah menjadi merah transparan. Lukis bagian yang hilang dengan hitam.Langkah 15
Klik kembali ikon mata Channel RGB untuk kembali ke mode tampilan normal. Ulangi proses penghitaman secara manual pada bagian lain yang membutuhkan, misalnya sepatu.Langkah 16
Dalam konsep masking, putih artinya terpilih dan hitam berarti tidak terpilih. Kita ingin memilih model, bukan latarnya. Oleh karena itu kita perlu membalik kondisi channel saat ini dengan menekan Ctrl + I atau Image > Adjustments > Invert. Di bawah, Anda bisa melihat tahapan yang sudah kita lalui.Langkah 17
Ctrl-click channel untuk mengubahnya menjadi seleksi.Langkah 18
Aktifkan tool Move lalu klik dan geser untuk memindahkan model ke file yang sedang kita kerjakan.Langkah 19
File gambar si model ini terlalu besar. Kita perlu memperkecilnya. Tekan Ctrl + T lalu klik dan geser salah satu pojoknya sambil menahan Shift.Langkah 20: Menambahkan Brush Custom
Aktifkan tool Brush lalu buat layer baru di belakang si model. Klik kanan dan dari menu panel tool Brush pilih Load Brushes. Ambil brush efek cahaya. Lukis kilauan cahaya berwarna biru di belakang model.Catatan: Jika Anda belum memahami cara penggunaan tool Brush, baca artikel Cara Membuat Brush Custom di Photoshop.
Langkah 21
Ulangi dengan brush custom geometri. Tambahkan layer mask lalu lukis dengan hitam untuk menyembunyikan bagian-bagian yang tidak perlu. Kurangi Opacity layer jika perlu.Langkah 22
Tambahkan lebih banyak elemen dengan brush custom lainnya.Langkah 23
Tambahkan juga brush custom di depan model untuk hasil yang lebih variatif.Langkah 24: Spatter
Ambil resource spatter. Sama seperti model, kita perlu memisahkannya dari latar. Periksa channel-channel yang memiliki kontras terbaik lalu duplikasi.Langkah 26
Balikkan seleksi, hitam tidak terpilih dan putih terpilih. Ubah menjadi seleksi.Langkah 25
Hitamkan dengan perintah Levels.Langkah 27
Simpan spatter ke atas gambar. Geser ke belakang si model.Langkah 28
Kenapa tidak menambahkan brush debu ke belakang model? Gunakan warna biru yang sama dengan celananya. Ambil juga brush custom awan lalu buat beberapa awan di belakangnya.Langkah 29: Memecah Badan Model
Kita tambahkan efek unik pada model dengan memecah badannya. Aktifkan layer si model. Klik dengan tool Lasso Polygon untuk membuat seleksi segitiga di atas tubuh si model. Tekan Ctrl + J untuk menduplikasi isi seleksi ke tempat terpisah. Gunakan tool Move untuk menggesernya menjauh dari tubuh.Langkah 30
Gunakan perintah Levels untuk mengatur tampilan bagian yang terpecah.Langkah 31
Ulangi lagi proses ini pada bagian tubuh lainnya.Langkah 32
Tambahkan juga pecahan tubuh si model di belakangnya.Langkah 33
Ctrl-click layer pecahan tubuh model untuk membuat seleksi berdasarkan pada bentuknya. Simpan di antara layer pecahan dan layer aslinya. Isi seleksi dengan hitam. Haluskan dengan Gaussian Blur.Layer ini akan menjadi bayangan pecahan tubuh pada tubuh model. Pastikan layer bayangan tepat di antara pecahan dan tubuh utuh model. Geser bayangan beberapa pixel agar terlihat ada jarak antara bayangan dengan tubuh aslinya.
Langkah 34
Ctrl-klik layer model untuk membuat seleksi baru berdasarkan pada bentuk tubuhnya. Pastikan layer bayangan masih aktif. Klik ikon Add Layer Mask. Bayangan akan tertutup berada di dalam tubuh model.Langkah 35
Tambahkan juga bayangan pada pecahan tubuh yang berada di belakangnya.Langkah 36
Agar komposisinya tidak terlalu kosong, saya tambahkan brush debris di belakang model. Warna yang digunakan biru, diambil dari celana jeans-nya.Langkah 37
Tambahkan Layer Mask pada model. Masih dengan brush custom debris, klik dengan hitam untuk menyembunyikan sebagian tubuh model.Langkah 38: Balon Udara dan Pesawat
Ambil gambar balon udara. Gambar ini ternyata unik karena balon udara berwarna-warni, sehingga semua channel tidak seragam dalam melihat kontrasnya.Langkah 39
Untuk kasus ini, ada trik bagus. Anda bisa memilih bekerja dengan Channel Alpha mana saja. Di sini, saya memilih Channel Blue.Langkah 40
Pastikan untuk menduplikasi channel terlebih dahulu. Jangan bekerja langsung dengan channel karena akan merusak pixel gambar asli.Langkah 41
Seleksi gambar dari channel lain, misalnya Red. Tekan Ctrl + A lalu Ctrl + C. Di channel ini, banyak area yang lebih terang, namun bagian terang di channel Blue di sini lebih gelap.Langkah 42
kembali ke Channel Alpha, seleksi semua kanvas (Ctrl + A) lalu paste hasil kopi (Ctrl + V).Langkah 43
Jangan dulu melakukan apa pun. Langsung saja klik Edit > Fade. Perintah Fade memungkinkan Anda mengedit proses terakhir, dalam kasus ini paste. Ubah mode ke Multiply lalu klik OK. Dengan cara ini, kita baru saja menggabungkan area gelap di Channel Red dengan Channel Blue.Langkah 44
Ulangi langkah tadi pada Channel Green. Gunakan Levels untuk menambahkan kontras yang diperlukan.Langkah 45
Tekan Ctrl + I untuk membalik pixel, hitam jadi putih dan sebaliknya. Inilah tampilan yang kita inginkan.Langkah 46
Geser gambar balon udara ke file yang sedang kita kerjakan.Langkah 47
Tambahkan gambar pesawat.Langkah 48
Kita tambahkan efek bergerak pada pesawat ini dengan cara sederhana. Gandakan layer pesawat (Ctrl + J). Beri pesawat yang belakang filter Motion Blur (Filter > Blur > Motion Blur).Langkah 49
Hapus hasil Motion Blur yang tidak diperlukan.Langkah 50: Motion Blur pada Model
Gandakan layer model dengan memilihnya lalu tekan Ctrl + J. Tambahkan filter Motion Blur.Langkah 51
Tambahkan layer mask dengan cara klik ikon Add Layer Mask di panel Layers. Sembunyikan sebagian tubuh hasil motion blur dengan cara melukisnya dengan hitam.Langkah 52: Bentuk Geometris
Buat bentuk vektor dengan tool Rectangle. Pastikan warna depan sudah putih. Klik dan geser untuk membuat sebuah persegi. Seleksi sisi kiri persegi dengan tool Direct Selection lalu geser ke atas.Langkah 53
Seleksi bentuk persegi termodifikasi tadi dengan tool Path Selection. Tekan Ctrl + Alt + T untuk mentransformasi sekaligus menduplikasi. Tekan panah bawah beberapa kali untuk memperoleh duplikasinya. Masih dalam keadaan path terbaru terpilih, tekan Ctrl + Shift + Alt + T untuk mengulangi proses duplikasi. Lakukan beberapa kali. Anda akan dengan mudah memiliki beberapa garis diagonal. Tambahkan layer mask lalu lukis garis hitam di tengah-tengah persegi untuk menyembunyikannya.Langkah 54
buat lagi bentuk persegi lalu tekan Ctrl + T. Klik kanan dan pilih Warp.Langkah 55
Geser kotak-kotak Warp hingga diperoleh bentuk yang unik.Langkah 56
Ctrl-click shape bentuk yang baru saja dibuat. Buat layer baru lalu lukis warna tertentu ke dalam seleksi.Langkah 57
Tambahkan Adjustment Layer Levels di paling atas. Geser slider hingga diperoleh hasil yang ekstrim.Langkah 58
Penuhi mask adjustment layer dengan hitam. Lukis bagian yang ingin dimunculkan dengan warna putih.Langkah 59
Terakhir, saya tambahkan logo Desaindigital. Di belakangnya, ditambahkan latar yang juga diambil dari salah satu brush custom.Hasil Akhir
Kita baru saja belajar cara memilih objek dari latarnya dengan Alpha Channel lalu bermain-main dengan brush custom untuk hasil yang ekstra cepat. Semoga Anda belajar beberapa teknik baru dari tutorial ini.Download Link
Download File PSDSumber
0 comments:
Post a Comment