Wednesday, June 18, 2014

Mengatur Perilaku Laptop Ketika Ditutup

Assalamu’alaikum
Kali ini masih tentang komputer. Pernah saya melihat teman saya membawa laptop menuju ke kelas dengan posisi tertutup seperti di bawah ini:
Nah yang membuat saya bingung ketika sudah duduk dia membuka laptopnya dan ternyata laptopnya langsung nyala tanpa harus log-in atau menyalakan laptop tersebut terlebih dulu. Bahkan, laptop tersebut ternyata sedang men-download sebuah file. Bagaimana bisa laptop yang ditutup tapi bisa men-download? Padahal laptop pada umumnya ketika ditutup pasti akan sleep atau ada juga yang langsung shut down.
Karena penasaran saya cari settingannya di Control Panel dan akhirnya ketemu.
Pertama buka Control Panel –> Hardware And Sound –> Power Option. Hal ini bisa dilakukan dari berbagai macam cara, namun bagi saya yang paling cepat dengan klik pada icon battery di System Tray, lalu pilih More Power Option.
Ketika sudah berhasil, maka akan muncul Window seperti di bawah ini :
Klik salah satu dari “Choose what the power button does” atau “Choose what closing the lit does.” Lalu anda akan dibawa ke Window seperti di bawah ini :
Nah, pada gambar di atas kita bisa menentukan apa yang akan dilakukan oleh laptop kita, ketika kita menutup laptop kita atau ketika kita menekan tombol power. Ada dua kondisi dari gambar diatas, pertama kondisi ketika laptop sedang tidak di-charge (On battery/ Pake batre). Kedua kondisi ketika laptop sedang di-charge (Plugged In / Di colokin ke listrik).
Misalkan saya atur ketika laptop sedang di-charge dan saya menutup laptop maka laptop tidak akan melakukan apa-apa (Do Nothing). Tetapi ketika laptop saya sedang tidak di-charge dan saya menutup laptop maka laptop akan masuk kondisi Sleep.
Lalu saya juga men-setting ketika saya menekan tombol power baik ketika di-charge maupun tidak maka laptop akan langsung Shutdown. Maka setting-an tersebut harus diset seperti ini :
Nah, kalau sudah pilih Save Changes dan selesai.
Selamat mencoba dan semoga berhasil :D
Wassalamu’alaikum, AFB :kr


Sumber

0 comments:

Post a Comment