Friday, February 19, 2016

Perasaan Orang Ketika Komputer Mendadak Blue Screen

Buat kamu pengguna Windows kemungkinan kamu pasti pernah ngalamin komputer kamu crash dan mogok kerja. Biasanya sih kejadian kayak gini lebih populer disebut dengan Blue Screen of Death dimana pada layar kamu akan ditampilin pesan error yang dikemas dalam warna biru yang sangat elegan. Nah pada saat layar biru tadi muncul, perasaan kamu akan berkecamuk dan berbagai pikiran akan melintas dalam otak kamu. Salah satunya kamu akan berpikir...

"Wah Udah Rusak Nih"

Layar laptop aja retak, kok hati kamu enggak?
Gak semua orang ngerti seluk beluk sistem operasi Windows beserta cara maintenancenya. Kalau kamu termasuk dalam golongan orang seperti ini, kamu pasti bakalan langsung mikir bahwa yang rusak itu adalah hardware kamu. Kemungkinan kamu ngiranya bahwa komputer atau laptop kamu emang udah rusak dan gak bisa dipake lagi. Kalau pun kamu mempertimbangkan buat nyervisin komputer kamu, kamu pasti akan langsung kepikiran tentang...

"Ongkos Servicenya Habis Berapa Ya?"

Kang servicenya mau gak ya kalo aku utangin?
Pesan yang ditampilin dalam Blue Screen of Death itu sebenernya berfungsi untuk nginformasiin tentang kerusakan yang dialami sama OS kamu. Tapi dibaca berkali-kali pun paling kamu juga gak paham apa permasalahannya. Makanya itu kamu langsung kepikiran sama teknisi komputer langganan kamu. Tapi sebelum kamu beranjak menuju ke sana kamu pasti jiper deh kira-kira yang rusak apanya ya. Terus entar ongkos benerinnya habis berapa ya. Wah sisa bulan ini kayaknya harus puasa nih gara-gara benerin kompie doang.

"Beli Baru Aja Kali Ya"

Beli lima sekalian ah buat cadangan, kali aja rusak semua.
Sekarang ini kebiasaan service menservice udah rada jarang ditemui. Di modern market aja konsepnya udah self service. Halah beda topik ya. Kembali lagi ke permasalahan teknologi, orang sekarang mah gak mau ribet nyervisin alat-alatnya yang rusak karena mending beli baru lagi aja. Toh ongkos service dan beli baru gak beda jauh juga. Yang lama dibuang dan dilupain aja kayak mantan kamu.

"Coba Benerin Sendiri Ah"

Rumit amat sih kayak perasaannya mantan kamu.
Bagi beberapa orang yang suka ngoprek perangkat lunak, mungkin pilihan yang akan dia ambil adalah coba benerin sendiri dulu. Kan sayang gitu kalau harus install ulang yang nantinya bakal keluar duit yang gak sedikit. Biasanya sih langkah awalnya adalah nyoba masuk ke Windows lewat safe mode (kalau masih bisa). Setelah itu berusaha scan keseluruhan hard drive siapa tau ada virus bandel yang nyelip. Terus kalau gak ditemuin gangguan virus, baru deh mencoba benerin registry-registry yang corrupt. Akhirnya setelah ngabisin waktu berjam-jam direstart-lah kompie tersebut dengan sejuta harapan. Dan hasilnya.....................tetep aja masih Blue Screen of Death.

"Data-Data Gue Ilang Gak Ya?"

Waduh kemaren gue nulis apaan ya?
Buat kamu yang panikan, kamu pasti langsung mikirin data-data yang ada di dalem komputer kamu. Seketika kamu akan tenggelam dalam bapik tak bertepi yang hanya bisa terjawab ketika operating system kamu udah sehat lagi. Mana data-data yang ada dalam komputer kamu termasuk data penting yang kamu gak bakalan rela kalau dia hilang gitu aja. Makanya daripada kamu kehilangan data-data penting, ada baiknya lain kali kamu share aja dulu video-video kamu sama kita. Jadi kalau ilang kamu masih punya back-up nya gitu lho.

"Kerjaan Gue Gimana..."

Bos, ini bukan salah gue...salah komputer gue...
Data yang dipertaruhkan dalam hard disk itu gak cuma melulu file-file rare yang mungkin kamu mintanya harus ngemis-ngemis dulu sama temen kamu. Tapi juga menyangkut tentang file-file tugas sekolah, skripsi dan kerjaan yang lagi diuber sama deadline. Segala effort kamu dengan ngorbanin waktu dan pikiran, bisa berakhir sia-sia kalo data kamu gak terselamatkan. Deadline mepet, komputer ngadat dan data-data corrupt adalah kombinasi maut yang bisa bikin kamu mules dan gak bisa tidur.

"Pasti Gara-Gara Abis Dipake Sama Dia Nih"

Kamu pasti yang main di son de sip ya?
Dari semua-mua hal yang melintas dalam pikiran kamu ketika terjadi Blue Screen of Death, pada akhirnya kamu pasti akan mencari kambing hitam atas tragedi yang menimpa kamu itu. Ya wajarlah ya manusia pasti gak mau disalahin. Kalau ada yang gak bener pasti kamu langsung melimpahkan segala beban ke pundak si kambing. Jadi kalau kamu kena marah sama bos, guru, dosen dan orang tua, tinggal tunjuk aja kambing tersebut sebagai biang keladinya.
Emang nyebelin banget ya kalau sampe Blue Screen of Death mampir nyamperin kamu. Kamu sendiri pernah kena Blue Screen of Death  berapa kali nih? Terus biasanya kamu ngelakuin apa kalau lagi bermasalah dengan Blue Screen of Death? Btw ada relevansinya gak sih antara kena Blue Screen of Death sama kebanyakan nonton Blue Film? Coba kamu jawab di kolom komentar deh.

Thank's to : MalesBanget.com

0 comments:

Post a Comment