Monday, February 15, 2016

WhatSapp vs Telegram, Update Terbaru Telegram

Hampir semua pengguna smartphone pasti menggunakanWhatsApp sebagai aplikasi chat utamanya. Tapi, ternyata saat ini WhatsApp punya saingan baru yang cukup sepadan, yaituTelegram. Yap, aplikasi Telegram mulai populer sebagai aplikasi chat alternatif di smartphone Android dan iOS. Tampilannya memang nggak jauh beda dengan WhatsApp. Telegram juga hadir dengan warna biru yang lebih simpel dan memanjakan mata.
Nah, aplikasi Telegram baru saja update ke versi terbarunya pada13 Februari 2016 lalu. Dalam pembaruan ini, banyak fitur baru yang dihadirkan dan ditingkatkan, serta mampu mengungguli WhatsApp. Update Telegram Terbaru Ini Bikin Kamu Harus Hengkang dari WhatsApp Sekarang Juga!Telegram sebenarnya bukanlah aplikasi yang tergolong baru, karena sudah diluncurkan sejak tahun 2013 lalu. Namun, banyak banget kelebihan Telegram yang mampu mengungguli WhatsApp. Salah satunya adalah keamanan enkripsi datanya. Terus kira-kira apa saja ya kelebihan lain dari update Telegram terbaru yang bikin kamu bisa ninggalin WhatsApp? Berikut ulasannya.

4 Alasan Ninggalin WhatsApp Demi Telegram

1. Fitur Keamanan dan Enkripsi Pesan yang Luar Biasa

update telegram
Salah satu keunggulan WhatsApp adalah keamanan dari pesan yang kamu kirimkan kepada teman-teman kamu. Dengan fitur "Secret Chat", pesan-pesan tersebut akan dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh sang penerima. Bahkan isi pesan tersebut tidak dapat dibuka oleh server. Selain itu, terdapat fitur "self-destruct" alias penghancuran dan penghapusan pesan secara otomatis sesaat setelah dibaca. Pesan tersebut akan hilang dan musnah selama-lamanya, dan tidak dapat dilacak lagi dengan cara apa pun.
Dalam update terbaru Telegram kali ini, kamu bisa mengirimkan dalam bentuk apa pun dalam mode secret chat. Mulai dari pesan teks biasa, gambar diam dan gambar bergerak (GIF), caption, sticker, dan link url beserta preview-nya.

2. Edit Foto dan Gambar Sebelum Dikirimkan

telegram
Salah satu fitur update Telegram yang nggak ada di WhatsApp adalah kemampuannya untuk mengedit foto atau gambar sebelum dikirimkan ke teman kamu. Kalau WhatsApp cuma punya fitur rotate dan crop, di Telegram fiturnya lengkap. Selain rotate dan crop, ada juga fitur lain seperti pengaturan enchanceexposure,contrastwarmthsaturationtintfadehighlightsshadowsvignettegrainblursharpen, dan curves. Gila, lengkap banget ya fiturnya? Udah kayak aplikasi edit foto Android lain aja. Makanya, selain sebagai aplikasi chat, Telegram juga bisa kamu gunakan sebagai aplikasi edit foto Android alternatif di smartphone kamu.

3. Fitur Supergroup yang Bisa Menampung Hingga 1000 Orang

update telegram
Di WhatsApp, kamu pasti memiliki banyak grup kan? Mulai dari grup teman sekolah, teman kampus, grup alumni, komunitas, dan sebagainya. Tapi sayang, jumlah maksimal anggota grup di WhatsApp dibatasi hanya 250-an user. Terus gimana dong kalau jumlah anggota grupnya lebih dari itu? Misalnya mau bikin grup angkatan satu sekolah, atau grup komunitas yang jumlah anggotanya ratusan.. lebih!
Nah, kalau di Telegram, kamu nggak perlu khawatir dengan batasan jumlah anggota. Sebab, fitur Supergroup di Telegram mampu menampung hingga 1000 anggota! Asyik, kan? Selain itu, kamu juga bisa mengatur siapa saja yang dapat memasukkan kamu ke dalam sebuah grup. Sehingga, kamu nggak perlu masuk grup nggak penting karena terpaksa, tapi nggak enak kalau mau keluar.

4. Fitur Pesan Suara "Rise and Speak"

telegram
Saat ini, Telegram memang belum memiliki layanan panggilan suara. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa nelpon gratis dengan aplikasi Telegram ini. Dengan fitur "Rise and Speak" yang dihadirkan, kamu tinggal buka halaman chat, lalu angkat smartphone kamu dan tempelkan ke telinga. Kemudian kamu tinggal ngomong deh untuk merekam pesan suara. Kalau sudah selesai, letakkan lagi smartphone kamu dan Telegram akan berhenti merekam. Asik dan canggih banget, kan? Fitur ini menggunakan sensor dalam smartphone kamu, yaitugyroscopeaccelerometer, dan proximity sensor.
Itulah beberapa update terbaru Telegram yang bikin kamu harus hengkang dari WhatsApp. Jaka juga pernah membahas kelebihan aplikasi chat Telegram dalam artikel berikut ini: WhatsApp VS Telegram: Tinggalkan yang Ini, Pilih yang Itu. Kalau kamu punya info lain seputar aplikasi chat Telegram ini, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.
Thank's to : JalanTikus

0 comments:

Post a Comment